Transpor Akar

Transpor Akar Bab ini mempelajari hal-hal yang berhubungan dengan proses masuknya air dan mineral kedalam akar yang kemudian disalurkan ke daun untuk kepentingan fotosintesis (bagaimana caranya, apa yang berperan, dan apa yang mempengaruhi)

Alat yang berperan adalah : 1. Xylem (Pembuluh kayu) Fungsinya, mengangkut air dan mineral ke daun dan sebagai penyokong tanaman. Tersusun atas : 1) Trakeid Trakeid tersusun oleh sel-sel tunggal yg memanjang berdinding tebal, dan berupa sel mati. Di beberapa t4 sel mati itu berdinding tipis, yang disebut sebagai noktah. Noktah-noktah 2 trakeid yg brdekatn trltk saling brpsangan, mereka hny dipisahkan selapis tipis dinding sel. Akibatnya, air & mineral dpt brpindah dng mudah dr trakeid yg 1 ke trakeid tg lain melalui nokatah-noktah tsb. 2) Pembuluh-pembuluh kayu. Pembuluh-pembuluh kayu dibentuk dr sel-sel panjang & berdinding tebal. Pd perkembangannya, kedua ujung sel mmbentuk lubang & sitoplasmanya mati. Sehingga trbentuklah pipa-pipa kecil yg pnjang dr akar smpe ke daun. 2. Floem (Pembuluh tapis) Berfungsi mengangkut hasil fotosintesis dr daun ke sluruh tubuh tumbuhan.

Cara air dan mineral diserap oleh tubuh tumbuhan. 1. Difusi Gerak menyebarnya molekul dari daerah yang berkonsentrasi tinggi (hipertonik) ke konsentrasi rendah (hipotonik) melalui membran. Ex : Ketika melarutkan gula dengan air, penyebaran tinta didalam larutan air. 2. Osmosis Osmosis adalah gerak menyebarnya molekul dari daerah yang berkonsentrasi rendah (hipotonik) ke daerah yang konsentrasinya lebih tinggi (hipertonik) melalui membrane. Ex : cari di wikipedia! 3. Imbibisi Merupakan penyusupan atau peresapan air ke dalam ruangan antar dinding sel, sehingga dinding selnya akan mengembang. Ex : masuknya air pada biji saat berkecambah dan biji kacang yang direndam dalam air beberapa jam. 4. Transport Aktif System transportasi zat-zat dengan cara menembus membran penghalang dengan menggunakan energi ATP. Dari daerah berkonsentrasi tinggi ke berkonsentrasi rendah. Ex : Perpindahan air dari korteks ke stele. Jalannya Pengangkutan • Pengangkutan Intravaskuler : masuknya mineral dan zat hara ke xylem melalui plasmodesmata. • Pengangkutan ekstravaskuler : masuknya mineral dan zat hara ke xylem tanpa melalui plasmodesmata. Maka dia berjalan melalui dinding sel. Faktor Utama yg Mmpengarui Naiknya Air dr Akar ke Daun • Daya kapilaritas : pembuluh xylem yang terdapat pada tumbuhan dianggap sebagai pipa kapiler. Air akan naik melalui pembuluh kayu sebagai akibat dari gaya adhesi antara dinding pembuluh kayu dengan molekul air. • Daya tekan akar : tekanan akar pada setiap tumbuhan berbeda-beda. Besarnya tekanan akar dipengaruhi besar kecil dan tinggi rendahnya tumbuhan (0,7 – 2,0 atm). Bukti adanya tekanan akar adalah pada batang yang dipotong, maka air tampak menggenang dipermukaan tunggaknya. • Daya hisap daun : disebabkan adanya penguapan (transpirasi) air dari daun yang besarnya berbanding lurus dengan luas bidang penguapan (intensitas penguapan). • Pengaruh sel-sel yang hidup Maaf, ini adalah bagian dari iseng.

Kalo ada yang mau nanya, jangan berat-berat, soalnya aku masih SMP. Maaf juga kalo enggak lengkap.

Catatan : Penting! Yang mau kopasus silahkan, asal ini juga di copy : 1. Membrane ada tiga -setauku- yaitu, membrane impermeable ; nggak bisa dilewatin sel apapun. Membrane permeable ; bisa menerima semua zat. Membrane semipermeabel ; dia memiliki sifatnya im dan per. Itu artinya membrane ini bisa dilewati beberapa zat, tapi nggak semua. 2. Difusi, Osmosis dan Imbibisi termasuk transport pasif. Karena mereka nggak membutuhkan energy ATP. Baca deh, di buku biologi Erlangga kelas 8.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s