Market Day, Ajang Siswa Berlatih Kewirausahaan

Alhamdulillah, OSIS SPINSA sekali lagi telah mengadakan program yang luar biasa. “ Market Day” namanya. Mungkin kalian semua tanya, apa sih artinya Market Day?. Kalau di kamus sih, artinya Market itu pasar dan day itu hari. Berarti Pasar hari dong?.

Bukan, Market Day SPINSA adalah  hari, dimana para siswa SPINSA dibagi menjadi 8 kelompok yang masing-masing kelompoknya beranggotakan 4 atau 5 orang yang akan menjual benda sesuai kreatifitas kelompok itu masing-masing. Masing-masing kelompok diberi modal dari sekolah sama rat yaitu 50 ribu rupiah. Truzzz, terserah kelompok itu deh, mau jual apa, mungkin modalnya kurang , jadi harus nambahin sendiri, mungkin juga malah lebih jadi bisa untuk tambahan keuntungan. Seluruh kelompok dengan semangat menunggu hari-demi hari menuju Market Day SPINSA.

Tapi, sebelum itu, tepatnya 3 hari sebelum Market Day SPINSA diadakan, ustadzah Wiwik ,sang ahli Ekonomi memberi tahu ke kami tentang pembagian dan bagaimana ketentuan untuk Market Day kali ini. Ustadzah Wiwik berkata bahwa  Market Day ini akan dijadikan juga sebagai ajang latihan persaingan sehat antar siswa dalam menjajakan dagangannya dan Market Day ini akan dijadikan lomba untuk mencari kelompok manakah yang menarik banyak pelanggan. Wah, asyik nih, lomba membuat para siswa lebih bersemangat. Beliau juga berkata setiap kelompok, di standnya akan ada kotak kosong, dan juga kelompok itu harus menyiapkan kertas berwarna merah, kuning atau hijau yang dibentuk persegi panjang. Nanti, kertas itu adalah penilaian dari para pengunjung. Kalau  pengunjung memilih merah artinya stand itu buruk, kalau kuning berarti bisa aja, dan kalau hijau berarti luar biasa. Wah, hal ini membuat para siswa deg-degan takut mendapat kartu merah. Tapi, rasa tegang itu tak membuat  semangat teman-teman kita menurun. Subhanallah……..

Sehari sebelum Market Day diadakan, para anggota Market Day menyiapkan berbagai persiapan yang sedikit rumit.

Akhirnya hari yang ditunggu-tunggu datang juga. Hari Sabtu, tanggal 19 Desember 2009 adalah Market Day SPINSA. Pukul 7 pagi, halaman depan kelas satu dan ruang computer dipenuhi anak-anak SPINSA yang sedang mempersiapkan stand-nya. Ada yang menata kusi dan meja, ada yang masak tapi ada juga yang masih ketar-ketir coz temen satu kelompoknya belum datang. Tapi ada juga yang masih melihat-lihat dagangan temannya karena antara satu kelompok dan kelompok yang lain saling merahasiakan dagangan mereka sebelum Market day dimulai. Biar surprise gitu…………..

Pukul 8, para orangtua siswa yang sudah melihat rapor anak-anaknya mulai mendatangi stand demi stand yang ada.. Ada stand buku, kue,minuman, obat herbal, VCD Murotal, ada juga stand yang menjual buku tulis dan perlengkapan sekolah. Ditengah-tengah anak-anak SPINSA sedang berjualan dan melayani, ada salah satu anak yang menjadi perwakilan dari stand-nya mempresentasikan stand-nya didepan semua orang yang hadir. Ada kedai YAKAKIMA, stand CREATIVE GIRLS, stand WARKOS dan lain-lain.Pokoknya nama stand-nya lucu-lucu deh. Di Market Day kali ini yang paling laku adalah yang berjenis minuman dingin. Gimana gak laku coba? udara hari itu sangattttt panas dan membuat keringat bercucuran.

Setelah selama kurang lebih 3 setengah jam bersibuk-sibukkan dengan dagang- mendagang pukul 12.00 siswa-siswi membereskan stand mereka untuk sholat dhuhur terlebih dahulu dan kemudian pulang. Lho, kok pulang?. Ya.iyalah ‘kan acaranya sudah selesai.Saatnya beristirahat sejenak……..

Tapi, sebelum pulang kami dipanggil untuk melaporkan hasil penjualan, jumlah pengunjung and jumlah kartu. Akhirnya ditentukan juara pertama adalah stand CREATIVE GIRLS, kedua adalah stand  SUP BUAH dan yang ketiga adalah kedai YAKAKIMA. Sebagai hadiah untuk juara

satu sampai tiga, modal 50 ribu diawal tak usah dikembalikan ke sekolah.  Wah, senangnya…

Tapi, tunggu dulu teman kita ada yang sedih lho karena gak menang atau malah rugi. Tapi, itu tidak lantas membuat teman-teman SPINSA terus bersedih karena anak-anak SPINSA kan sportif dan bisa menerima kekalahan dengan lapang dada. Dan anak-anak SPINSA mendapat pujian karena telah bisa bertanggung jawab dan bersaing dengan sehat. Great, hasil yang meeemuaskan………

2 thoughts on “Market Day, Ajang Siswa Berlatih Kewirausahaan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s