Praktikum Iseng

Hari itu, tanggal 27 Februari 2010. Bertepatan dengan hari terakhir ekspedisi Nurus Sunnah 2010. Bu Erry Soekresno lagi ngisi talkshow. Otomatis perhatian sebagian besar orang kesana. Aku bersama beberapa teman sedang jaga stand healthy club. Sepi…banget. Gak ada yang ngunjungi. Super BT. Si Atikah ngomel-ngomel, Sakinah nangis sambil baca buku sains di bawah meja. Nyaris tampak seperti orgil. Aq jg bingung, mau ngapain coba? Jaga stand, gak ada pengunjung. Liat-liat stand lain? udah berkali-kali, malah sampe bosen liatnya. Dengerin talkshow? juga sudah, tapi gak betah lama-lama coz kepanasan. Secara aq gak bisa masuk ke ruangan, cuma di depannya doang. Akhirnya aq inget sama rencana kmaren. Bkin preparat basah di lab! Sejak  2 hari yang lalu q memang pengen bgt, tapi gak kesampaian. Aq disuruh jadi mc untuk pentas kreativitasnya anak-anak. Waduh, padahal lagi mati ide. Gak bisa bercuap-cuap dengan lancar, lagian sekarang aq kan udah gak secerewet dlu. Sekarang aq lg hemat bicara. Ok, kembali ke rencanaku. Aku maksa-maksa si Sakinah n Atikah untuk cari tumbuhan. Mereka pada gak mau. Hari itu memang lagi panas bgt sih… Aq gak pantang menyerah. Mereka q paksa berkali-kali n akhirnya mau. Aq bareng Atikah cari-cari tanaman di sebelah sekolah. Dapet daun pisang, singkong, n akar rumput. Trz qta langsung balik k sekolah. Gak tahan lama, panas bgt. Aq n Atikah langsung naik ke lab di lantai 2. Sakinah ambil silet di kantor. Praktikum dimulai ! Sakinah melapisi bagian bawah daun dengan kuteks. Sementara aq mengiris kecil akar rumput secara melintang, menaruhnya di atas preparat, memberi air, kemudian menutupnya dgn kaca penutup. Kemudian menaruhnya di bawah lensa objektif mikroskop. Dulu ketika kelas 7 qta memang sudah pernah melakukan ini, tapi gak berhasil. Coz mengirisnya terlalu tebal. Mana tangannya si sakinah sampe berdarah lagi! Makanya, aq berharap kali ini dapat melihat struktur anatominya dgn jelas. Alhamdulillah, dgn perbesaran 5 kali, udah kliatan. Seneng bgt, walaupun aq gak tau nama jaringan-jaringannya. Lagi asal-asalan nih. Lalu lensanya q pindah jadi yang perbesarannya 10 kali. Kali ini agak susah cari fokusnya, tapi alhamdulillah lagi berhasil.

penampang melintang akar dikotil rumput

Kuteks di bagian bawah daun pisang sudah mengering, kemudian dikeletek dan ditaruh diatas preparat. Gambarnya kelihatan ada lingkaran-lingkaran kecilnya. Mungkin itu stomata, aq gak terlalu tau.

Gambarnya gelap ya, gak terlalu jelas. Percuma aj kameranya di setting pake blitz, cahayanya jg gak sampe msk ke mikroskopnya.

Kuteks yang di daun singkong juga sudah mengering. Tapi karena daunnya terlalu tipis dan kita gak profesional, gagal terus deh ngelepasnya. Tumbuhan yang tadi qta ambil emang terlalu sedikit. Bosan melanda lagi. Aq n sakinah memutuskan untuk mencari air selokan. Atikah mana? Dy udah pergi dari tadi, kayaknya gak minat deh. Sakinah gak mau lewat depan sekolah, dy lagi sebel ma someone n gak mau ktemu org itu. So, lewat kebun belakang sekolah. Uh, nyebelin! Aq berjalan dgn terseok-seok n sandalku jadi kotor, si sakinah enak. Dy kan pake sepatu.

Setelah sampai di lokasi, dy pun mengambil airnya dgn pipet.

Setelah mendapat samplenya, qta langsung back to school. Lagi-lagi Sakinah bersikeras untuk lewat kebun n gak mau lewat depan. Alhasil, aq tertinggal jauh. Sampai di lab, aq langsung meneliti airnya. Ternyata ada amoeba nya lho. Terus ada rambut-rambut yang bisa bergerak. Mungkin itu silia atau flagel. Ada juga hewan-hewan kecil yg tidak q ketahui namanya.

Sayang bgt nih, videonya gak bisa di upload, coz  type file-nya .AVI. Gak bisa dirubah. Oke, setelah puas bermain-main di lab, aq dan sakinah segera membereskan ruangan dan menyudahi praktikum iseng hari itu.

Keterangan : Ada beberapa cerita yang di cut dalam tulisan ini. Untuk beberapa teman yang terlibat namun tak ku sebutkan namanya, maaf ya.

Created by : Salma

4 thoughts on “Praktikum Iseng

  1. emank dzar nag klz 8 tue aneh2 ja pie jg gpp sich kw iseng2 ny prcbaan ky’ gtu. iseng2 pie brilmu, ya mngkn tue bkat yg sdang di kembngkn ma nag klz 8,, bguz tue

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s